Yuk, Cari Tahu Demam Dengue (DD)

Menurut ilmu kedokteran, demam dengue ini disebabkan karena virus dengue yang mengakibatkan demam, pendarahan, dan nyeri sendi. Kondisi penyakit infeksi ini sering dialami di suatu negara atau daerah dengan kondisi alamnya yang subtropis dan tropis. Untuk itu, khususnya di negara kita yang memiliki sifat kondisi alam yang tropis, perlu tahu bagaimana kondisi tubuh yang mengalami demam dengue (DD) serta pengobatan demam berdarah dengue (DBD).

Virus dengue sendiri bisa dikenali pada dua jenis penyakit, yaitu demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD). Pada dasarnya, penyakit DBD ini disebabkan karena komplikasi demam dengue yang kian memburuk.

Di Indonesia sendiri lebih populer dengan sebutan penyakit demam berdarah dengue (DBD), padahal itu hanyalah demam dengue saja  (DD). Demam dengue sendiri diakibatkan karena adanya gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Kenali Perbedaan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan Demam Dengue (DD)

Untuk demam dengue sendiri bisa dikenali karena timbulnya gejala demam tinggi dan rasa nyeri di belakang bola mata. Selain itu, penderita demam dengue biasanya terjangkit flu, sakit kepala, dan badan pegal-pegal. Tetapi, demam dengue tidak disertai dengan kondisi hidung berair dan bersin-bersin, berbeda dengan demam berdarah dengue.

Aka tetapi tidak semua orang yang menderita demam dengue merasakan gejala seperti di atas. Mungkin yang dirasakan hanyalah demam biasa saja dan untuk anak-anak sering menampakan demam yang tidak spesifik tapi ringan dengan ruam-ruam.

Ciri-Ciri Demam Dengue (DD)

  • Ruam kemerahan pada lapisan kulit epidermis
  • Demam yang disertai rasa nyeri di bagian kaki dan sendi-sendi
  • Sakit pinggang/pegal
  • Sakit perut dan mual, muntah, atau diare
  • Kemungkinan juga tidak terlihat ruam-ruam, sehingga masyarakat sering salah kaprah dengan mendiagnosis sebagai penyakit Chikungunya dan Influenza biasa
  • Demam dengue terjadi sekitar enam hingga tujuh hari. Setelahnya, pada hari ke 1 dan ke 2 demam tersebut semakin tinggi hingga hari ke 5 sampai ke 6.

Yang paling sulit dideteksi adalah tanda klinis yang khas dari demam dengue ini, yaitu adanya penurunan jumlah trombosit sehingga suhu penderitanya cukup normal dan stabil.

Untuk menemukan obat demam berdarah sebagai langkah penanganan awal, Anda bisa cari di GoApotik. Di apotik online tersebut menyediakan berbagai jenis obat, salah satunya diantaranya yaitu obat luka bakar parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *