Xiaomi Redmi 5A atau Note 5A?  Ketahui Bedanya Sebelum Beli

Kesuksesan Xiaomi pada dua seri smartphone terbarunya, yaitu Redmi 5A dan Redmi Note 5A, salah satunya terlihat dari banyaknya unit yang terjual dalam waktu hitungan menit saja sejak diluncurkan ke pasar Indonesia.

Dua toko online yang terpantau menjual Redmi 5A dan Note 5A adalah Lazada dan JD.id. Lazada sebagai toko online yang memegang hak eksklusif untuk menjual Redmi 5A pertama kali, mengadakan program flash sale yang dibagi menjadi beberapa periode. Besarnya antusiasme para pecinta gadget membuat setiap periodenya berlangsung hanya beberapa menit saja karena produknya langsung habis terjual.

Sementara pada November 2017 lalu, JD.id tercatat menjual sekitar 30.000 unit Redmi Note 5A beberapa hari sejak dirilis di Indonesia. Kedua merchant online ini juga menyediakan layanan kredit hp online tanpa kartu kredit bersama Kredivo untuk pembelian smartphone Xiaomi.

Xiaomi Redmi 5A dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, sedangkan Note 5A dibanderol dengan harga Rp 1.5 jutaan. Meskipun harganya terbilang murah, kedua smartphone ini tetap memiliki kualitas yang jempolan dan lebih unggul dari smartphone lain di kelasnya.

Dalam beda kisaran harga hanya Rp 500 ribuan, sebagian yang tertarik mungkin bertanya-tanya, apa yang membedakan kedua smartphone yang dirilis dalam waktu berdekatan ini?

  1. Ukuran layar & Lapisan Corning Gorilla Glass

Dari segi ukuran layar, Redmi 5A memiliki layar yang lebih kecil daripada Redmi Note 5A, yaitu masing-masing 5 inci dan 5,5 inci. Bisa dikatakan, Redmi 5A memiliki bentuk dan ukuran yang lebih minimalis dibandingkan dengan tren smartphone lain di kelasnya yang memiliki ukuran layar lebih dari 5 inci.

Layar sentuh pada Redmi 5A memiliki resolusi 720 x 1280 piksel, sedangkan Redmi Note 5A memiliki LCD dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan dilengkapi juga dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3.

Adanya teknologi Corning Gorilla Glass 3 pada Redmi Note 5A membuat ketahanan layarnya terhadap goresan dan kerusakan lebih unggul dibandingkan dengan Redmi 5A yang tidak dibekali dengan teknologi ini.

  1. Chipset, Prosesor, dan RAM

Dari segi kekuatan spesifikasi, Redmi 5A disenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 435 dan prosesor octa core CPU Cortex-A53, sedangkan Redmi Note 5A didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 435 dan prosesor quad core 2.4 GHz. Redmi 5A dan Redmi Note 5A masing-masing dibekali dengan RAM sebesar 2 GB dan 3 GB.

Sistem operasi Android Nougat 7.0 dipilih Xiaomi untuk menjadi core dari kedua smartphone yang terkategori ke dalam kelas entry-level ini. Tak hanya itu, teknologi MIUI 9 juga turut mewarnai kualitas keduanya. MIUI 9 sendiri merupakan fitur user interface (UI) terbaru dari Xiaomi yang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah adalah layar split yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar misalnya, Youtube dan Whatsapp.

Untuk ukuran smartphone dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 1.5 jutaan, spesfikasi ini tentunya sudah sangat baik dan lebih dari cukup. Selain itu, harga murah ini tentunya tak hanya bisa dibeli dengan cara tunai, melainkan juga dengan cara kredit hp online tanpa kartu kredit.

Ada beberapa lembaga atau perusahaan multifinansial yang menyediakan fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit, salah satunya Kredivo. Kredivo menawarkan dua opsi cicilan, yaitu “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0% dan “Cicilan” tenor 3, 6, atau 12 bulan, dengan bunga yang rendah dan transparan dibandingkan dengan lembaga multifinansial lainnya, yaitu 2,95%.

Untuk bisa memilih opsi “Cicilan” dengan tenor 3, 6, atau 12 bulan, Anda harus bertransaksi minimum Rp 1.5 juta di merchant online yang telah bekerjasama dengan Kredivo. Jika total belanja Anda di bawah jumlah tersebut, Anda bisa menggunakan opsi “Bayar dalam 30 hari”. Anda bisa menerima dan mengecek barangnya terlebih dahulu untuk disesuaikan spesifikasi dan kualitasnya, lalu bayar 30 hari setelahnya. Kalau barang tidak sesuai atau ada cacat, Anda juga bisa mengembalikan dan menukarnya ke merchant sesuai kebijakan yang berlaku.

Opsi cicilan tenor 3, 6 dan 12 bulan, cocok bagi Anda yang tertarik membeli Redmi Note 5A. Sementara bagi Anda yang lebih memilih Redmi 5A dengan harga Rp 1 juta, tidak perlu khawatir, Anda juga bisa memilih opsi cicilan dengan cara membeli barang atau produk tambahan lain selain Redmi 5A hingga total belanjaan Anda mencapai Rp 1.5 juta ke atas. Misalnya membeli casing atau aksesoris hp lainnya.

  1. Kamera & Kapasitas Baterai

Kamera merupakan salah satu fitur penting yang banyak dipertimbangkan orang sebelum membeli sebuah smartphone. Meski harganya murah, kamera Redmi 5A dan Note 5A tentu tidak murahan. Menariknya, walau memiliki kisaran harga yang berbeda, keduanya disenjatai dengan fitur kamera yang sama.

Baik Redmi 5A maupun Note 5A sama-sama dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel, lensa f/2.2, berfitur PDAF dan kamera depan 5 megapiksel dengan lensa f/2.0. Dilengkapi juga dengan teknologi PDAF (Phase Detection Autofocus) pada kamera belakang, membuat kamera utama kedua smartphone ini dapat menangkap gambar dari objek yang bergerak dengan kualitas yang lebih jernih.

Sayangnya, fitur kamera yang sama ini tidak didukung dengan kapasitas baterai yang sama juga. Redmi 5A disenjatai dengan baterai berkapasitas 3000 mAh irremovable, sedangkan Redmi Note 5A disenjatai dengan baterai berkapasitas sedikit lebih besar 3.080 mAh.

Ketahanan baterai Redmi 5A diklaim mampu mencapai sekitar 8 hari, sedangkan Redmi Note 5A diklaim mampu bertahan hingga 11 hari dalam posisi stand-by. Sementara dalam kondisi seringnya penggunaan, kedua baterai ini diklaim tahan hingga seharian. Cocok bagi Anda yang sering mobile dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan mengetahui perbedaan antara Redmi 5A dan Note 5A, Anda yang tertarik membelinya tentu tak perlu ragu lagi untuk kredit hp online tanpa kartu kredit. Sekarang, waktunya untuk sesuaikan bujet dan daftar akun Kredivo.

Jika Anda adalah WNI berusia 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulannya, dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan, Anda sudah bisa mendaftar akun dan mengajukan kredit hp tanpa dp.

Prosesnya serba online, mudah, cepat, dan tanpa kartu kredit, Anda tinggal mendownload aplikasinya di Google Play Store ataupun App Store, lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang Anda pilih.

Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu menunggu kurang dari 1 x 24 jam untuk mendapat konfirmasi approval. Setelah di-approve, jumlah plafon kredit yang diberikan akan muncul langsung di bagian dashboard aplikasi. Anda bisa langsung kredit hp online di salah satu merchant online yang telah bekerja sama dengan Kredivo. 5 di antaranya yang populer adalah Lazada, Bukalapak, JD.id, Blibli, Shopee, dan Bhinneka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *