Inilah Penyebab Nyeri Kepala pada Anak

Sakit kepala merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Penyebabnya pun beragam bisa karena kurang istirahat, kurang makan atau minum, atau karena terserang infeksi di telinga atau tenggorokan. Namun, Anda patut waspada karena sakit kepala pada anak juga bisa disebabkan oleh migrain atau penyakit lainnya seperti tumor otak atau meningitis.

Karena penyebabnya bervariasi, Anda tidak boleh menyepelekan anak dengan keluhan sakit kepala. Segera temui dokter jika nyeri kepala diikuti muntah, leher kaku, tidak segera sembuh, ataupun terjadi berulang. Meskipun banyak obat yang dijual bebas, akan lebih aman jika anak Anda berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat nyeri, obat demam, atau obat pilek resep dokter.

Penyebab nyeri kepala pada anak

Kami telah merangkum beberapa penyebab nyeri kepala pada anak yang sering ditemukan, yaitu:

1. Kurang makan atau mengonsumsi makanan tertentu

Anak yang jarang makan rentan mengalami sakit kepala. Beberapa jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti soda, cokelat, kopi, dan teh bisa membuat nyeri kepala.

2. Dehidrasi

Dehidrasi karena kurang minum atau aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan anak rentan terkena sakit kepala. Kekurangan oksigen akan mengakibatkan tekanan berlebihan di kepala sehingga menyebabkan sakit kepala.

3. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab sakit kepala pada anak. Keluhan nyeri kepala juga sering dirasakan anak dengan depresi, terutama jika mereka sedang sedih atau kesepian.

4. Infeksi

Penyakit pilek, flu, infeksi telinga, dan sinus adalah penyebab sakit kepala pada anak yang umum terjadi. Segera kunjungi dokter apabila anak Anda mengalami nyeri disertai dengan demam dan kaku pada leher, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi yang lebih serius dalam tubuh anak, contohnya meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis (radang otak).

5. Tumor di kepala

Meskipun jarang terjadi, tumor atau perdarahan di otak juga menjadi penyebab nyeri kepala kronis, dan dapat menyerang tubuh anak. Meski begitu, sakit kepala yang mengarah ke tumor diikuti oleh gejala-gejala lain seperti gangguan penglihatan dan sensasi pusing selama berhari-hari. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *