Ini Dia 5 Penyebab Seseorang Mengalami Keracunan Makanan

Keracunan bisa terjadi karena beberapa hal baik yang bisa dihindari atau tidak. Salah satu jenis keracunan yang sering terjadi dan bisa dihindari adalah ketika mengalami keracunan makanan. Jenis tersebut merupakan keracunan yang dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang pada umumnya tidak sehat dan bersih. Sehingga dapat untuk membuat seseorang mengalami keracunan dan menimbulkan gejala yang bisa diketahui. Seperti gejala yang paling umum adalah mengalami sakit perut, muntah, mual, dan juga gejala lainnya. Ketika mengalami keracunan karena disebabkan oleh makanan, langkah pengobatan yang bisa dilakukan juga sangat mudah. Seperti dengan mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menyembuhkan keracunan mulai dari yogurt, susu, dan juga air putih. Sedangkan untuk langkah pencegahan selanjutnya agar tidak mengalami keracunan, Anda bisa untuk mengetahui penyebab keracunan yang dialami karena beberapa hal berikut ini:

  1. Virus dan bakteri

Penyebab pertama dari keracunan karena makanan yang paling sering adalah karena virus dan bakteri. Penyebab ini sangat umum ditemui karena mudahnya virus dan bakteri yang dikonsumsi lewat makanan. Adapun virus dan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan adalah 31 patogen mulai dari yang paling umum hingga yang paling sering menyebabkan rawat inap adalah mulai dari clostridium perfringens, norovirus, salmonella, staphylococcus aureus, dan lainnya. Sedangkan jenis virus yang bisa menyebabkan kematian adalah salmonella, toxoplasma gondii, listeria monocytogenes, norovirus, dan campylobacter.

  1. Racun

Penyebab keracunan makanan selanjutnya adalah racun yang dapat menyebabkan makanan beracun. Racun tersebut diproduksi oleh bakteri di dalam makanan, tumbuhan, hewan, dan juga organisme lainnya yang dicerna oleh tubuh. Ketika seseorang mengalami keracunan biasanya dikarenakan oleh bakteri, tanaman, dan juga racun yang dapat dicerna dengan makanan dan air.

  1. Parasit

Penyebab keracunan selanjutnya yang paling umum terjadi adalah karena parasit yang dicerna dengan makanan atau air. Sehingga makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan parasit membuat tubuh mengalami keracunan. Oleh karena itulah ketika mengkonsumsi makanan dan minuman bisa untuk menghindari yang sudah terkontaminasi dengan parasit. Adapun jenis parasit yang dapat ada pada makanan dan minuman yang dicerna adalah giardia, amuba, taenia solium, dan trichinella.

  1. Bahan kimia

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan keracunan adalah karena bahan kimia. Keracunan ini bisa terjadi ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga bahan kimia tersebut akan menjadi racun dan membuat tubuh mengalami gejala keracunan. Jenis penyebab yang satu ini bisa dihindari dengan memilih makanan dan minuman yang sehat. Adapun beberapa jenis bahan kimia yang dapat dihindari agar tidak menyebabkan keracunan adalah merkuri yang terdapat pada tuna dan marin, makanan yang mengandung pestisida berlebihan, timbal, bifenil poliklorinasi, dan lainnya.

  1. Penyebab keracunan makanan lainnya

Faktor terakhir yang dapat menyebabkan seseorang keracunan adalah karena faktor lainnya. Pada umumnya hal tersebut karena mengolah dan menggunakan bahan makanan dengan tidak tepat sehingga menyebabkan keracunan. Adapun beberapa penyebab tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Faktor yang pertama adalah karena menyimpan makanan dalam suhu yang tidak tepat, terutama ketika menyimpan daging dan produk olahan susu.
  • Faktor selanjutnya adalah karena memasak makanan tidak merata.
  • Faktor lainnya karena menyimpan makanan matang di ruangan terlalu lama.
  • Faktor lainnya karena mengkonsumsi makanan kadaluarsa.
  • Faktor lainnya karena kontaminasi silang dengan menggunakan pisau yang sama.
  • Faktor terakhir adalah karena mengkonsumsi makanan dengan tangan kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *