10 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Tidak Sembelit

Image result for mangosteen

Salah satu sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi adalah serat.Kandungan serat ini banyak terdapat didalam buah dan sayuran. Terpenuhinya kebutuhan serat maka akan mampu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit yang sering dialami banyak orang terlebih oleh wanita yang sedang hamil. Pastinya akan sangat mengganggu jika mengalami kesulitan buang air besar, terlebih pada ibu hamil. Untuk terhindar dari masalah gangguan pencernaan ini maka adanya beberapa makanan kaya serat yang wajib dikonsumsi. Berikut 10 makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil agar tidak sembelit diantaranya yaitu :

  1. Air Putih

Didalam setiap harinya ibu hamil wajib mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter.Kandungan mineral yang ada didalam air putih dapat membantu untuk melunturkan lemak. Selain itu juga dengan mengkonsumsi air putih dapat teratasinya sembelit yang biasanya akan sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

  1. Brokoli Dan Wortel

Serat yang ada didalam sayur yang berwarna hijau dan orange ini tinggi. Ada sekitar 4 gram serat didalam setiap 100 gram brokoli, sedangkan pada wortel ada sekitar 3,1 gram didalam setiap 100 gramnya. Selain itu juga ada sayuran lainnya yang baik dikonsumsi ibu hamil seperti kubis, buncis, dan bayam.

  1. Kacang Polong

Kacang polong kaya akan serat dan merupakan sumber protein nabati. Ada sekitar 8,3 gram serat yang terkandung didalam kacang polong seberat 100 gram. Selain kaya akan serat kacang polong juga mengandung asam folat yang berfungsi untuk merangsang sistem saraf otak pada janin.

  1. Pepaya Dan Pir

Tekstur yang dimiliki pepaya dan pir sangatlah berbeda. Dimana pepaya cenderung lebih empuk dan manis, sedangkan tekstur pir cenderung renyah dengan kandungan air didalamnya sangat banyak. Kandungan serat yang ada didalam kedua buah tersebut dipercaya ampuh dapat mengatasi sembelit.

  1. Manggis

Selama masa kehamilan memang hal yang wajar jika ibu hamil mengalami masalah gangguan pencernaan seperti sembelit. Terlebih lagi ibu hamil akan sering merasakan sembelit pada saat usia kehamilannya semakin membesar. Mengkonsumsi manggis merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil. Manggis buat ibu hamil dapat mengatasi sembelit karena mengadung serat yang cukup tinggi.

  1. Kismis

Kandungan serat yang cukup didalam kismis dapat dimanfaatkan sebagai pencahar yang alami.Tetapi sebelum mengkonsumsinya sebaiknya buah kismis itu harus direndam terlebih dahulu, lalu setelah itu makan kismis itu setiap harinya.

  1. Strawberry

Buah strawberry mengandung Vitamin C yang cukup tinggi dan juga dapat mengurangi sembelit.Dan bahkan buah ini memiliki sifat astringen yang dapat meredam demam.

  1. Mentimun

Kandungan nutrisi yang ada didalam mentimun lengkap seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan juga Vitamin C. Supaya terhindar dari sembelit maka jadikan mentimun ini sebagai lalapan untuk dikonsumsi sehari hari.

  1. Cincau

Serat yang ada didalam cincau tinggi dan kalorinya rendah.Kandungan yang ada didalam cincau tersebut dapat dimanfaatkan ibu hamil untuk mengatasi masalah sembelit, diare, perut kembung, demam, dan juga panas dalam.

  1. Temulawak

Masalah sembelit juga dapat teratasi dengan mengkonsumsi ramuan temulawak.Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan membersihkan batang dan rimpang muda temulawak kemudian direbus hingga mendidih.Setelah itu saring dan konsumsi selagi hangat.Ramuan ini dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali didalam setiap harinya.

Itulah 10 makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil agar tidak sembelit. Dengan menkonsumsi salah satu makanan diatas maka akan menjadi cara aman mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *